Arloji Jump Hour: Yellow Enggist (SOLD)





Arloji jump hour buatan Swiss circa 1970-an ini diproduksi secara terbatas, sehingga keberadaannya kini sulit ditemukan. Dari bermacam-macam jenis arloji jump hour, ini adalah desain terunik yang pernah saya temukan. Selain memiliki penunjuk jarum detik seperti layaknya jam normal (ditemukan pula pada model jump hour Sicura-Breitling), jam ini memiliki casing berbahan menyerupai batu, berwarna kuning. Perubahan jam pun hanya bergerak setiap jam-nya, tidak seperti kebanyakan arloji jump hour di mana jam penunjuk jam bergerak mengikuti jalannya penunjuk menit (sehingga seringkali sulit dibaca). Cocok untuk mereka yang ingin tampil muda, unik, solid, tanpa meninggalkan fungsi arloji yang akurat.

Tentang Jump Hour
Para pengikut fesyen mungkin pernah mendengar tentang jam jump hour. Pada jam biasa kita melilhat perubahan melalui bergeraknya jarum jam-menit-detik, pada jam jump hour, yang bergerak adalah putaran keping bertuliskan angka jam-menit-detik, hingga seolah-olah terlihat digital. Teknologi jamĀ jump hour sebenarnya telah dipakai sejak abad 19 oleh pembuat jam kerajaan Prancis pada jam-jam kantong mereka.

DesainĀ jump hour kembali popular di tahun 70-an dengan desain-desain retro dan space-age-nya. Ketika itu, orang sudah mulai meninggalkan jam sebagai status simbol (mahal, berkelas tinggi), tapi lebih sebagai pernyataan fesyen yang menekankan gaya unik individu pemakainya. Hingga kini jam jump hour masih saja diburu oleh para kolektor maupun pemakai jam dari seluruh dunia, malah kembali muncul sebagai fashion anak muda masa kini. Jam di gambar teratas menunjukkan Pk 5:55.

Spesifikasi:
Mesin: Putar (Manual) 17 Jewels
Bahan case: semacam batu dan stainless (back case)
Lebar x tinggi: 40 mm x 45 mm
Fitur: penunjuk tanggal
Strap: kulit coklat (genuine leather)
Seluruh elemen orisinal kecuali strap.
Mesin normal dan akurat.
Buatan: Swiss circa 1970’s

SOLD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *